Minggu, 06 Maret 2016

Resep Jajangmyeon

Resep dan cara membuat Jajangmyeon khas korea




Mari memasak hidangan korea kembali. Kali ini pilihan jatuh ke mie bersaos kacang hitam (black bean paste) yang lebih terkenal dengan sebutan Jajangmyeon/ jajangmyun. Motivasi awal membuat sajian ini yakni ingin mencicipi jajangmyeon halal. Karena hidangan dan resep aslinya berbahan nonhalal. Di resep ini saya ganti dengan menggunakan ayam dan daging sapi. rasanya tetap enak, gurih dan khas saus chunjangnya bikin ketagihan.


Beberapa waktu yang lalu kami salah beli mie instant jajangmyeon yang di jual di toko korea di Dusseldorf. Di terjemahan bahan2 dengan jelas TIDAK disebutkan kalau jajangmyeon ini mengandung daging babi (di gambar bawah). Baru  ketahuan ketika ada teh Ai Meilani yang berdomisili di Korea berkunjung. Dia langsung menunjukan huruf-huruf keriting korea yang artinya adalah daging babi. Meski daging babi itu ada dalam kemasan terpisah yakni dalam salah satu bungkus bahan kering tapi... Wuih sempet geram juga, kenapa tidak semua bahan-bahan yang digunakan dalam mie instant itu di terjemahkan hingga pelanggan seperti saya yang gak tahu tulisan asing, merasa tertipu. Setelah itu kami kapok dan jadi lebih hati2 jika membeli bahan makanan yang bertulisan keriting. Beruntung ketika itu kami berhasil mengajak teh Ai ke toko korea untuk membantu memilihkan yang mana yang boleh dimakan muslim dan mana yang tidak. Teh Ai juga dengan berbaik hati mengajarkan kami cara memasak Jajangmyeon yang halal, meski memasak bukan hobinya. 


 Mie instant: jajangmyeon yang tidak halal

Bahan utama dari hidangan gelap ini adalah pasta kacang kedelai berwarna hitam khas korea di sebut Chunjang. Diolah sedemikian rupa bersama daging dan bawang bombay atau bisa juga ditambahkan sayuran lain yang variatif, misalnya lobak korea, squash atau bisa diganti dengan zucchini, terong, tahu dll. Saos yang sudah dimasak dan dibumbui kemudian berubah nama dari Chunjang menjadi Jajang/Jja jang. Lucunya, meski hidangan ini kita kenal dari Korea, tapi sebetulnya di Korea hanya dihidangkan di restoran China, jelas teh Ai. Saos hitam Jajang yang sudah dimasak ini jika disiramkan ke mie disebut Jajang myeon (jja jang myun / jajangmyun), Tapi jika saos jajang disiramkan ke nasi bernama jajangbap. Nah menurut teh Ai kedua makanan ini jadi makanan wajib para jomblo di korea disebut "black day" karena karakter makanan yang hitam lekat. hehehe…

thanks for aishah who is adding this information in the comments section: saus kedelai hitam yang halal merknya ‘tiger brand’ salted black soy bean. ada halal malaysia-nya katanya.


Berikut resepnya yang sudah dimodifikasi, saya ambil dari berbagai macam sumber, termasuk teh ai dan juga maangchi, kemudian uji coba sendiri:



***************************

Resep dan cara membuat jajangmyeon
Resep dan cara membuat jajangmyeon


Resep Jajangmyeon


Bahan-bahan:



untuk 3-4 porsi:
  • Nasi atau 500 gr mie jajang ( bisa dibeli di toko asia atau bisa juga diganti dengan mie segar/basah yang ukurannya agak lebar/teksturnya chewy). Teh Ai malah menyarankan, kalau tidak ada mie bisa pakai spaghetti)
  • 250 gr daging sapi atau paha ayam (sebagai pengganti babi yang biasa digunakan di resep asli jajangmyun), saya pakai ayam dan jgua daing sapi.
  • 1/2 lobak korea ukuran kecil dipotong kotak (opsional)
  • 150 gr atau sekitar 1/2 zucchini dipotong kotak
  • 150 gr atau 1 buah kentang dipotong kotak
  • 1 bawang bombay di iris/rajang kasar
  • 3 sdm muncung saos jajang / Chunjang (produknya seperti gambar di atas, kemasannya cokelat/kuning dengan gambar koki ngacungin jempol tapi yang ini mengandung ethanol, yang tidak mengandung alkohol:  ‘tiger brand’ salted black soy bean)
  • 2 sdm tepung pati kentang atau bisa diganti tepung maizena yang dilarutkan dalam 4 sdm air atau secukupnya (sebagai pengental).
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1/2 sdt  lada hitam bubuk
  • 1 sdt gula atau sesuai selera
  • 1,5 cangkir air/air kaldu sapi/ayam
  • 3-4 sdm minyak untuk menumis
  • saya tambahkan 1/2 sdt kaldu ayam/penyedap rasa (sesuai selera)
mie kering yang bisa dipakai.

untuk hiasan/pelengkap:
  • timun dipotong korek api untuk garnish
  • asinan/manisan lobak sebagai sajian pendamping

lobak yang sudah di proses, renyah di mulut dan rasanya manis segar Sumber : http://www.dbento.com/2014/02/resep-jajangmyeon.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar